Categories
Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan di Musim Penghujan

Di musim penghujan, biasanya anak-anak maupu orang dewasa rentan terkena penyakit. Anak anak pada umum nya menyamubt gembira bila musim hujan tiba. bermain di bawah guyuran air hujan sepertinya udah menjadi pemandangan yang umum. Orang tua pun cenderung membiarkan karena air hujan tidaklah berbahaya bagi kesehatan. padahal, air hujan seperti yang kita ketahui, bukanlah air hujan murni. Namun air hujan mengandung berbagai macam polutan yang bercampur di udara, seperti logam dan toxic.
Terus bagaimana caranya agar badan tetap fit pada musim penghujan..??

Cara Menjaga Kesehatan di Musim Penghujan

6 Cara Menjaga Kesehatan di Musim Penghujan

1. Untuk anak-anak, sebaiknya orang tua memberikan makanan dan minuman buatan sendiri dan menghindari kebiasaan jajan sembarangan. perbanyak konsumsi sayuran hijau dan susu dan buah-buahan. sebelum dan sedudah makan, biasakan anak untuk mencuci tangan atau setelah bermain di tempat yang kotor dan juga kebersihan kaki juga haruslah di perhatikan.

2. Upayakan setiap bayi mendapat kekebalan alami dengan air susu ibu (ASI) dan taati jadwal imunisasi, baik yang diwajibkan maupun yang di anjurkan.

3. Biasakan setiap anggota keluarga untuk menjaga kebersihan dengan membiasakan diri untuk mencuci tangan dan kaki setelah bepergian. kebiasaan ini sekaligus mencegah flu.

4. Selalu mengenakan alas kaki kalau keluar rumah. sebab hujan deras membuat selokan tersumbat dan meluap yang membawa parasit cacing dan amoeba turut terangkat kepermukaan tanah.

5. Guna mencegah demam berdarah , bersihkan seluran air di sekitar lingkungan rumah, termasuk bak mandi, kolam renang dan kolam ikan secara rutin. bersihkan pula selokan atau got di sekitar rumah, jangan sampai ada air tergenang karena bisa jadi tempat berkembang biak nyamuk.

6. Usahakan pergantian udara di rumah agar tidak lembab. Matiakan AC jika sedang tidak di kamar, buka jendela dan pintu agar udara bersih dan cahaya matehari masuk kedalam rumah, cuci karpet yang kotor, periksa bawah karpet dan kursi, apakah ada jamur maupun serangga.

sekian tips menjaga kesehatan pada musim penghujan. Ada pepatah mengatakan Lebih baik mencegah daripada mengobati, Pepatah ini sebaiknya anda melakukan upaya sederhana demi menjaga kesehatan saat musim hujan saat ini.